Whatapps

Selasa, 21 November 2017

Normalkah tekanan darah anda???



Saya ingin berbagi pengalaman kepada anda mengenai tekanan darah tinggi,
Saat bekerja di sebuah perusahaan X, salah satu tanggung jawab saya adalah memastikan terlaksananya Medical Check Up, Berdasarkan hasil pemeriksaan itu saya temui salah satu karyawan pak Y(Kurir), tekanan darahnya tinggi mencapai 181/### “saya lupa” pernya, Karena kepedulian saya, akhirnya saya datangi dan memberikan saran unutuk segera kedokter, agar kondisinya bisa membaik, namun tidak dihiraukan oleh ybs, setelah 3 hari, saya harus pergi ke sebuah lokasi project untuk melaksanakan audit,
Sesampai nya di lokasi project saya mendapatkan notifikasi dari rekan saya bahwa bapak Y(kurir) mengalami Stroke. Wah tidak disangka bisa sampai stroke.
Berdasarkan pengalaman itu, saya berbagi cerita ini kepada anda…

 Menganalisa tekanan darah sebenarnya tidaklah begitu sulit. Hasil yang didapat dari tekanan darah terdiri dari dua kelompok yaitu angka pertama kita sebut sebagai angka bawah  dan angka setengahnya, kemudian yang kedua disebut angka bawah yang dipisahkan oleh garis miring atau dibaca per kemudian ditutup dengan satuan mmHg

ANGKA ATAS(TEKANAN DARAH SISTOL)
Angka atas atau tekanan darah sistolik merupakan fase dimana jantung berkontraksi atau memompa untuk mendorong darah keseluruh tubuh melalui arteri. Gaya tersebut akan menimbulkan tekanan arteri
Tekanan darah yang sama dengan atau lebih rendah dari 120 mmHg merupakan tekanan darah normal pada orang dewasa. Maka saat tekanan darah sistolik mencapai 120 sampai 139 berarti tekanan darah tersebut normal(prehipertensi). Maka saat tekanan darah di atas batas tersebut atau 140 atau lebih maka tekanan tekanan tersebut sudah termasuk darah tinggi(hipertensi)

ANGKA BAWAH (TEKANAN DARAH DIASTOL)
Tekanan darah bawah dapat diukur ketika jantung beristirahat diantara kontraksi pada arteri. Saat tekanan darah bawah sama dengan atau lebih rendah dari 80 mmHg maka tekanan darah tersebut normal.

Batas ideal diastole saat tekanan darah mencapai 80 sampai 89 maka dianggap normak, Tapi jika tekanan diastole mencapai 90atau lebih, maka sudah digolongkan tekanan darah tinggi.

Berikut ini table untuk mengetahui kategori tekanan darah secara umum.

Berikut ini kategori tekanan darah berdasarkan usia :
Meski tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah bisa mengancam kapan saja tapi ada hal yang bisa anda lakukan untuk menormalkan tekanan darah yaitu dengan cara memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh dan menghindari makanan yang bisa memicu naik dan turunnya tensi darah serta olahraga teratur.
TIPS untuk anda AGAR TEKANAN DARAH NORMAL TERUS

Tekanan darah bisa saja berubah kapan saja. Beberapa faktor dari luar dan dari dalam bisa membuat tekanan darah berubah dengan cepat atau secara perlahan. Oleh sebab itu lakukan beberapa cara mempertahankan tekanan darah normal seperti berikut ini:

1.    LAKUKAN PEMERIKSAAN RUTIN
Untuk mencegah terjadinya hal buruk akibat tekanan darah tidak normal sebaiknya lakukan pemeriksaan secara teratur sekitar 3 bulan sekali. Saat kita mengontrol tekanan darah kita akan menurunkan resiko tekanan darah tidak normal.
Saat tekanan darah tidak normal, bisa tinggi bisa rendah maka sebaiknya konsumsi obat dari dokter agar tekanan  darah menjadi normal kembali. Apalagi jika tekanan darah sudah mencapai krisis hipertyensi maka perawatan intensif harus segera dilakukan untuk mencegah komplikasi seperti serangan jantung dan stroke

2.    OLAHRAGA
Kunci hidup sehat adalah olahraga secara teratur. Begitu juga dengan menjaga tekanan darah bisa anda lakukan dengan melakukan olahraga. Dengan olahraga secara teratur maka racun yang mengendap ditubuh akan dikeluarkan melalui keringat maka darah juga akan terbebas dari toksin dan dapat memperkuat otot jantung dalam memompa darah. Serta masih banyak manfaat lainnya.

3.    JAGA BERAT BADAN IDEAL
Kelebihan berat badan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi itulah mengapa anda harus menjaga berat badan idela untuk menjaga tekanan darah selalu normal. Kelebihan berat badan akan membuat jantung tertutup oleh lemak dan menghambat kerja jantung sehingga bisa berakibat buruk pada kesehatan dan tensi

4.    MAKANAN SEHAT
Makanan yang sehat juga akan membuat tubuh dan jantung menjadi sehat. Saat jantung sehat maka kerja jantung dapat maksimal hal itu akan membuat tekanan darah juga menjadi normal. Sebaiknya konsumsi sayur, buah, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan untuk menjaga tekanan darah normal.
Hindari juga makanan yang berpotensi menurunkan dan menaikkan tekanan darah seperti makanan berminyak, berlemak, makanan asin, penyedap rasa, pewarna , dan pemanis.
5.    HINDARI ROKOK DAN ALKOHOL
Sudah tidak perlu dijelaskan secara rinci mengapa rokok dan alkohol harus dihindari. Kedua zat tersebut memiliki pengaruh yang buruk bagi tubuh dan dapat mengganggu tekanan  darah normal. Sebaiknya hindari keduanya untuk menghindari penyakit dan terganggunya tekanan darah.
6.    KELOLA STRES
Stress menjadi salah satu pemicu munculnya berbagai penyakit pada tubuh salah satunya bisa meningkatkan resiko hipertensi dan stroke. Rasa cemas yang berlebihan saat stres juga bisa menghambat kerja jantung. Sebaiknya jika anda tidak bisa menghindari stres kelola saja stres dengan baik dengan cara melakukan kegiatan yang menyenangkan.
7.    PERBANYAK KALIUM, VITAMIN C DAN B1
Makanan yang mengandung kalium, vitamin C, dan B1 bisa menjadi salah satu cara mempertahankan tekanan darah normal. Berikut beberapa makanan yang mengandung kalium seperti kentang, jeruk, brokoli, kubis, tomat, pisang, bayam, dan kembang kol.

PENYEBAB TEKANAN DARAH RENDAH
Saat tekanan darah lebih rendah dari batas normal maka akan menyebabkan tekanan darah rendah. Berikut beberapa penyebab tekanan darah rendah:
§  Penyebab tekanan darah rendah yang pertama adalah dehidrasi atau kekurangan cairan
§  Pendarahan atau kehilangan banyak darah akan membuat volume darah berkurang maka kenja jantung akan terhambat dan mengakibatkan tekanan darah rendah
§  Terjadinya inflamasi organ tubuh akan membuat pembuluh darah mengelilingi are tubuh yang meradang atau terjadi inflamasi sehingga membuat tekanan darah menurun
§  Tekanan darah rendah juga bisa disebabkan terjadinya pelemahan otot jantung sehingga jantung gagal memompa darah akibat terserang viris dan bakteri hal tersebut akan membuat tekanan darah menjadi rendah
§  Penyumbatan pembuluh darah membuat aliran darah tidak lancar dan menyumbat darah menuju jantung sehingga tekanan darah menjadi lemah dan menurun
§  Kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah hal tersebut akan membuat iu hamil sering mengalami pusing.
§  Kekurangan nutrisi juga membuat tekanan darah semakin menurun

AKIBAT TEKANAN DARAH TIDAK NORMAL
Ketika tekanan darah berada pada tekanan 120/90 mmHg maka tekanan tersebut digolongkan tekanan darah normal. Tapi jika tekanan darah di atas atau di bawah angka tersebut maka tekanan darah dianggap tidak normal.
Saat tekanan darah tidak normal hal yang akan terjadi adalah tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi. Kedua gangguan tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbagai komplikasi juga bisa terjadi seperti gangguan jantung dan stroke.

Untuk Video click disini






Tidak ada komentar:

Posting Komentar