Whatapps

Selasa, 14 November 2017

Penderita diabetes boleh makan pisang, asal..


 Penderita diabetes boleh makan pisang, asal


Kandungan karbohidrat pada pisang akan diubah menjadi glukosa di dalam pencernaan. Dengan bantuan insulin, glukosa tersebut menyediakan energi untuk beraktivitas. Sayangnya, penderita diabetes punya hormon insulin yang lemah, akibatnya glukosa dalam tubuh menjadi tinggi di dalam darah.

Pada satu buah pisang, biasanya terkandung sekitar 30 gram karbohidrat, yang juga sebanding dengan kandungan sandwich dengan 2 lembar roti. Sebetulnya boleh kok, penderita diabetes makan pisang. Tapi penderita diabetes harus mengerti takaran karbohidrat yang harus dikonsumsi nantinya.

Misalnya, kalau Anda disajikan sarapan satu porsi sandwich dan satu buah pisang, Anda bisa makan pisang dan sandwich secara bersamaan. Tapi ingat, tidak semua sajian Anda makan, ya. Jika konsumsi karbohidrat harian Anda hanya 45 gram, Anda bisa makan satu porsi sandwich yang mengandung 30 gram karbohidrat, dan 15 gram dari setengah potong buah pisang. Ataupun sebaliknya, satu buah pisang utuh dengan setengah potong sandwich.

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan dan mengizinkan penderita diabetes makan pisang, kalau saja takaran dan kandungan karbohidrat tidak berlebih.

Ukuran penyajian yang disarankan untuk penderita diabetes makan pisang adalah satu pisang ukuran kecil, yang panjangnya tidak lebih dari 15 cm. Pisang dengan ukuran tersebut saja sudah mengandung 19 gram karbohidrat, yang juga merupakan ⅓ takaran wajib karbohidrat yang harus penderita diabetes patuhi.

Perhatikan juga indeks glikemik makanan

Penderita diabetes juga harus memerhatikan indeks glikemik pada makanan yang dimakan. Makanan yang indeks glikemiknya rendah, akan menyebabkan kenaikan gula darah yang rendah, begitupun sebaliknya.

Pisang merupakan buah yang tergolong memiliki indeks glikemik menengah. Para penderita diabetes dianjurkan makan pisang yang berwarna hijau, karena indeks glikemiknya lebih rendah dibanding pisang berwarna kuning matang.

Salah satu contoh makanan yang rendah indeks glikemik adalah kacang-kacangan dan sayuran. Daging, ikan, unggas, keju dan telur juga merupakan contoh makanan yang mengandung sedikit karbohidrat. Sedangkan buah yang memiliki indeks glikemik rendah selain pisang hijau adalah apel mentah, ceri dan jeruk bali.

Penderita diabetes juga perlu makan beberapa makanan berprotein dan lemak sehari-hari. Hal itu akan membantu menjaga kadar glukosa darah agar tidak terlalu banyak menggunakan karbohidrat dalam makanan yang dimakan.
Porsi makan utk diabetes yg dianjurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar